Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Hamil

Cara diet saat hamil berikut ini bisa dijadikan sebagai panduan bagi para ibu yang tengah mengandung. Setiap wanita tentu ingin mempunyai badan ideal ketika hamil dan bayi yang dilahirkan sehat. Meskipun naiknya berat badan pada ibu hamil terbilang sangat normal, namun alangkah baiknya berat badan harus tetap terkontrol dengan baik. Karena hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan calon bayi serta sang ibu. Maka tak heran jika sekarang ini banyak para ibu yang tengah mengandung mencari informasi tentang Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Hamil.

Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Hamil
Pada beberapa bulan pertama, umumnya ibu hamil tidak mengalami peningkatan berat badan yang drastis, dikarenakan usia kandungan yang masih muda. Dan terkadang pada trimester awal ibu hamil sering merasakan mual dan nafsu makan yang menurun. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil tengah mengalami alterasi serta penyesuaian terhadap hormon yang meningkat.

Pada trimester awal ini ibu hamil tidak dianjurkan untuk menjalani diet atau cara menurunkan berat badan ibu hamil. Namun saat menginjak trimester ke-2 dan ke-tiga di mana penyesuaian terhadap perubahan hormon telah pulih dan nafsu makan pun kembali normal. Dengan begitu berat badan pun akan meningkat secara drastis. Di masa-masa inilah perlunya pengendalian dalam hal mengontrol berat badan bagi ibu hamil.

Karena tingginya resiko yang diakibatkan oleh obesitas pada ibu hamil, maka beberapa ibu hamil dianjurkan untuk melakukan diet atau menjaga pola makan. Ahli gizi dan nutrisi menyarankan agar ibu hamil menjalani pola diet yang berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Intinya nutrisi yang diperlukan oleh calon bayi harus terpenuhi, dan memperhatikan kebutuhan energi bagi sang ibu. Adapun beberapa cara menurunkan berat badan ibu hamil, diantaranya adalah :

  • Membuat daftar menu yang sehat serta disiplin dalam mengkonsumsinya.
    Ibu hamil bisa membuat daftar menu yang sehat buat pola diet sesuai dengan aturan asupan kalori yang baik buat tubuh. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi serta nutrisi dalam membuat menu diet yang sehat tersebut . Contohnya mengkonsumsi masakan yang minim lemak serta tidak mengandung terlalu banyak gula.
  • Minum air putih 8 gelas sehari
    Ibu hamil sangat disarankan untuk banyak minum air putih sebab untuk mencegah dehidrasi serta menjaga agar tetap kenyang. Seperti yang kita ketahui bahwa air putih sangat baik juga buat detoksifikasi, menetralisir toksin dalam tubuh. Selain itu banyak minum air putih juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan gula darah.
  • Kurangi mengkonsumsi gula
    Buat mencegah diabetes serta obesitas, ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula. Seperti misalnya minuman bersoda, teh dalam kemasan, coklat, es cream, permen dan lain sebagainya. Meskipun terkadang ibu hamil memiliki kemauan yang tinggi akan minuman atau makanan yang manis namun mesti tetap dikontrol dengan baik.
  • Pilih cemilan yang sehat serta mengenyangkan
    Kebutuhan energi haruslah tetap diperhatikan. Oleh karena itu ibu hamil masih diperbolehkan untuk ngemil selama makanan itu sehat dan tidak membahayakan. Contohnya seperti Salad buah atau sayur dengan dressing yang ringan, Telor rebus, Kacang Mete atau Almond, Yogurt dengan kombinasi buah-buahan, Kurma dan lain lain.
  • Mengatur waktu makan yang baik
    Untuk mencegah timbunan lemak dalam tubuh, sebaiknya jarak antara waktu makan dan tidur tidak terlalu dekat. Khususnya buat ibu hamil dengan usia kandungan yang sudah tua, terkadang waktu makan yang terlalu berdekatan dengan tidur membuat perutnya merasa tidak nyaman. Selain itu waktu makan yang tidak terlalu dekat dengan tidur membuat tubuh dapat mencerna makanan lebih baik.
  • Tetap beraktivitas dengan normal
    Ibu hamil tetap dapat beraktivitas dengan normal, seperti memasak, membersihkan rumah serta menyapu. Selain itu ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kaki di pagi hari, berenang serta senam hamil juga dapat menjadi pilihan buat mengisi waktu serta menjaga berat badan agar tidak naik terlalu drastis.

Jadi pada dasarnya cara menurunkan berat badan ibu hamil diatas memang harus dilakukan, asalkan itu aman buat calon bayi dan sang ibu. Dan jika memang ibu hamil mengalami obesitas maka rencana diet dari dokter yang merawat memang penting untuk dilakukan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kesalahan diet saat hamil. Namun, ada juga yang menyertainya dengan mengkonsumsi suplemen pelangsing Leptosin untuk membantu mempercepat turunnya berat badan. Hal tersebut karena Leptosin adalah obat pelangsing alami yang aman tanpa efek samping, dan telah bersertifikat BPOM.

Suplemen Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Hamil


© 2018 Jamupelangsingdiet.com | Diet Langsing Sehat